Foto

PATUHI PROKES WARGA SRAGEN IKUTI SHOLAT ID DI ALUN-ALUN SRAGEN


Mira | 02 Mei 2022 | 9

SRAGEN – Warga masyarakat Sragen tumpah ruah dan bersuka cita saat pelaksanaan sholat  Idul Fitri di alun-alun Sragen Senin(2/5/2022). Masyarakat mulai berdatangan  sejak pukul setengah 6 pagi.

 Tampak hadir dalam Sholat Idul Fitri dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Bupati dan Wakil Bupati Sragen H. Suroto beserta segenap keluarga, Forkopimda Sragen dan keluarga, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama.

Bertindak selaku Imam Sholat Ahmat Darussalam S.HI., M.PdI Sekretaris MUI Sragen dan Khotib H. Ihsan Muhadi S.Ag.,MSi Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen.

Sholat berlangsung pukul 06.00 WB berjalan dengan sangat khidmat didukung dengan cuaca yang cerah dan bersahabat. Walau sudah tidak berjarak namun warga masih tetap prokes dengan patuh menggunakan masker.

Dalam khotbahnya Ihsan Muhadi menyatakan Hari Raya Idul Fitri merupakan hari suci serta hari kemenangan. Dihari kemenangan dimana kita kembali ke Fitrah, seorang manusia yang beriman dan bertaqwa melalui pembelajaran yang telah dilalui selama Bulan Ramadhan.

“Walaupun banyak rintangan dan tantangan yang harus dihadapi ketika melaksanakan ibadah puasa akan tetapi kekuatan keimanan yang tertancap dalam niat imanan wahtisaban mampu menghantarkan kita kepintu kemenangan yang ditandai dengan susana malam takbiran.”lanjutnya.

Ia menambahkan pentingnya menjaga kehidupan umat beragama, terjaganya kerukunan ditengah keberagaman sehingga tidak bisa lepas dari moderasi beragama, yang menjadikan agama sebagai inspirasi membawa pemahaman dan pengamalan yang moderat.

Selanjutnya Ihsan berharap warga Sragen mampu memahami amalan dan penghayatan agama yang moderat yang wasathiyah sehingga bisa berada dimana pun dan tidak mudah terprovokasi dengan pemahaman ekstrim untuk bisa menjadi keteladanan dimasyarakat sehingga dapat diamalkan lebih baik.

Sementara Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat bersyukur dan bahagia dapat berkumpul bersama seluruh masyarakat yang hadir serta para pemudik dari luar sragen.

“Alhamdullilah hari ini luar biasa , dua tahun tidak bisa sholat berjamaah di Alun-alun ini. Saya minta warga masyarakat yang ingin bersilahturahmi dengan keluarganya untuk tetap menjaga prokes, dan bagi yang belum vaksin booster untuk segera vaksin.”jelasnya.

Bupati Yuni menuturkan sesuai instruksi Presiden Jokowi Pemkab Sragen tidak menggelar Open House seperti tahun-tahun sebelum pandemi.

“Kita masih dapat bersilahturahmi dengan masyarakat  melalui media sosial dan sebagainya serta melalui media komunikasi handphone. Selanjutnya karena masih dibulan Syawal kita akan melaksanakan silahturahmi Halal Bihalal dengan ASN saat masuk kerja 9 mei mendatang.”pungkasnya.

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Edotor : Yuli_Diskominfo





Berita Terbaru

Top