Foto

Pemkab Sragen Dampingi Proses Relokasi Pedagang Kios Batuar


Miyos | 01 April 2023 | 52

SRAGEN - Penataan kios renteng Batuar (Nglangon) dan relokasi para pedagangnya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sragen. Para pedagang yang masih beraktifitas di lokasi juga akan segera dipindahkan ke lokasi baru yakni Pasar Sukowati yang lokasinya hanya seberang jalan dari kios yang lama.

Sebanyak 13 pedagang hari ini, Sabtu (1/4/2023) secara sukarela mulai membongkar sendiri kios yang pernah mereka tempati kemudian pindah ke lokasi jualan baru di kios Pasar Sukowati secara gratis.

Untuk memastikan relokasi berjalan lancar, Pemkab Sragen mendampingi proses pembongkaran kios dengan menerjunkan personil gabungan TNI, Polri, dan Satpol-PP.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, dr. Hargiyanto hadir di lokasi untuk memastikan pembongkaran 13 kios secara mandiri tersebut berjalan aman dan lancar.

"Yang pasti hari ini kami berikan pendampingan pedagang kios yang mau membongkar secara mandiri agar mereka merasa nyaman. Dari 74 penghuni kios, ada 46 pedagang yang sudah mau menerima kunci untuk direlokasi ke Pasar Sukowati," terang Sekda.

Sekda menjelaskan jika para pedagang kios itu direlokasi karena kios batuar, pasar Nglangon dan pasar Djoko Tingkir rencananya akan dibuat kawasan bisnis dan ekonomi kreatif.

"Karena Pemkab sedang menyiapkan ruang terbuka hijau (RTH) dan disini masuk sebagai kawasan perdagangan dan jasa. Jadi, ini nanti rencananya menjadi kawasan public space yang asri, dan ada sentra batik juga nanti seperti factory sharing mebel di Gemolong," jelasnya.

Untuk itu,Ia berharap, para pedagang segera pindah untuk memanfaatkan momentum menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

''Biasanya setiap menjelang Lebaran, pasar-pasar ramai dan saya berharap Pasar Sukowati pun ramai pengunjung,'' ujarnya.

Jadi, kalau pedagang tidak mau segera pindah, lanjut Sekda maka pembeli tidak melihat puncak keramaian di pasar. Berbeda jika pedagang sudah berusaha di pasar baru itu, maka pembeli yang datang akan banyak mendapatkan pilihan untuk berbelanja.

"Gunakan momentum menjelang lebaran, untuk segera berjualan," pesan Sekda.

Sekda menambahkan sudah ada beberapa pedagang yang pindah di kios Pasar Sukowati. Dalam 1-2 hari kedepan listrik akan segera terpasang semua.

Sebelumnya, juga sudah dilakukan audiensi dan sosialisasi dari Pemkab Sragen dengan perwakilan pedagang kios Nglangon beberapa waktu lalu.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo




Berita Terbaru

Top