Foto

RKPD 2024, Sragen Fokus Pemantapan Kualitas Infrastruktur dan Lingkungan Hidup


Mira | 17 Januari 2023 | 13

Sragen – Dalam rangka memperoleh masukan penyempurnaan terhadap dokumen Rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sragen Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Sragen menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sragen Tahun 2024 yang dilaksanakan di Ruang Sukowati Setda Sragen, Selasa (17/01/2023).

Acara dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sragen H. Suroto, yang dihadiri Sekda Sragen dr. Hargiyanto, M.Kes beserta Asisten Sekda Sragen, Wakil Ketua DPRD, Kepala OPD Kabupaten Sragen, perwakilan Ketua Parpol, Ketua Fraksi, Instansi Vertikal, Unsur Organisasi Kepemudaan dan Pendidikan, LSM, Organisasi Wanita, Forum Anak, Organisasi Profesi, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama.

“Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sragen Tahun 2024 merupakan forum konsultasi rutin tahunan dalam proses penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Sragen.”kata Wabup Suroto mengawali sambutannya.

Ia menerangkan tahun 2024 merupakan tahun ketiga dari RPJMD Kabupaten Sragen Tahun 2021-2026 yang selaras dengan Visi Kabupaten Sragen yaitu: “Menuju Kabupaten Sragen Mandiri, Sejahtera Dan Berbudaya Berlandaskan Semangat Gotong Royong”.

Program prioritas pembangunan Kabupaten Sragen tahun 2024, disusun dalam rangka memenuhi sasaran pokok arah kebijakan tahun ketiga RPJMD 2021-2026 dan prioritas Provinsi Jawa tengah serta pembangunan nasional.

“Tingkat capaian sasaran RPJMD Kabupaten Sragen tahun 2022 telah tercapai seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) target 74,25 dengan realisasi 74,65. Sementara capaian sasaran yang belum tercapai diantaranya angka kemiskinan dari target 12,28% dengan relaisasi 12,94% namun turun 0,89% dari tahun sebelumnya.”jelasnya.

Ia menambahkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sragen tahun 2021 sebesar 3,75% meningkat dibanding tahun 2020 yang mengalami kontraksi dengan nilai 1,81%. Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sragen lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 3,70% dan Jawa Tengah 3,32%.

Wabup Suroto mengatakan capaian program Unggulan di tahun 2022 diantaranya membangun sekolah unggulan disetiap kecamatan, meningkatkan sarana dan prasarana Pendidikan GTT/PTT, Optimalisasi Mal Pelayanan Publik dan Pemda Terpadu, pengembangan UMKM, meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dan industri kreatif.

Ia mengungkapkan beberapa capaian penghargaan telah diraih Kabupaten Sragen selama tahun 2022 seperti Juara Umum Anugerah Pemetaan Daya Saing Daerah Provinsi Jawa Tengah, Peringkat kelima Nasional Innovative Government Award (IGA) sebagai Kabupaten Terinovative, Predikat Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan, Peringkat 6 dengan Predikat Baik indeks SPBE Jawa Tengah, Peringkat 9 Nasional Indeks Monitoring Center for Prevention (MCP) dan masih banyak lagi capaian lainnya.

Lebih lanjut Ia berharap Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Sragen tahun 2024 dapat mengawali proses penyediaan dokumen RKPD Tahun 2024 yang lebih baik dan berkualitas dan membawa kebaikan dan kesejahteraan untuk masyarakat di Kabupaten Sragen.

Kepala BPKPD Kabupaten Sragen Dwiyanto S.STP.,M.Si dalam paparannya mengatakan RKPD ini harus selesai di bulan Juni Minggu kedua jika tidak dana tranfer pusat akan mengalami penundaan.

Ia memaparkan prediksi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah tahun 2024 adalah Rp 2,2 triliun sedikit naik dari anggaran tahun sebelumnya.

“Menurut kebijakan pemerintah pusat, dana transfer pusat semakin sedikit/turun. Untuk itu Pemerintah Daerah didorong untuk menaikkan PAD, dan Sragen berupaya menaikkan PAD. Pajak Daerah kita di tahun 2024 adalah Rp 110 miliar naik 5% dari Rp 105 miliar pada tahun 2023. Kemudian retribusi naik menjadi Rp 25 miliar. Hal ini dilakukan untuk menutupi dana transfer.”terangnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen dr. Hargiyanto M.Kes dalam paparannya menjelaskan tema pembangunan yang diusung di tahun 2024 adalah Akselerasi dan Pemantapan Peningkatan Kualitas Infrastruktur Wilayah dan Lingkungan .

Ditambahkannya, adapun prioritas Kabupaten Sragen di tahun 2024 yaitu pemantapan kualitas infrastruktur berwawasan lingkungan hidup, percepatan penanganan kemiskinan dan pengangguran, percepatan pertumbuhan ekonomi dan investasi, peningkatan kualitas pelayanan dasar masyarakat dan pemantapan tata kelola pemerintahan dan kondusifitas wlayah serta pemantapan kapasitas fiskal daerah.

“Pelaksanaan konsultasi publik ini diharapkan menjadi sarana bagi penguatan komitmen seluruh pemangku kepentingan dan perangkat daerah. Setiap masukan dan usulan dapat menjadi bahan penyempurnaan awal RKPD tahun 2024.”pungkasnya.

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Editor  : Yuli_Diskominfo





Berita Terbaru

Top