Foto

TUTUP PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR ANGKATAN II BUPATI YUNI MINTA KEMBANGKAN AKSI PERUBAHAN


Mira | 17 Nopember 2022 | 16

SRAGEN - Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II yang bekerjasama BPSDMD Provinsi Jawa Tenngah, resmi ditutup oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada Rabu (16/11/2022) di Ruang Sukowati Setda Sragen.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sragen Kurmiawan SSTP menyatakan PKA dilaksanakan selama 105 hari mulai dari 18 Juli – 16 November 2022 dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 908 JP.

Sistem pembelajaran yang diterapkan adalah sistem blended learning yang meliputi Pembelajaran mandiri, Pembelajaran melalui E-Learning, Pembangunan Komitmen bersama, Pembelajaran Klasikal tahap I, Aktualisasi Kepemimpinan dan Pembelajaran Klasikal Tahap II.

Dalam sambutannya Bupati Yuni mengatakan aksi perubahan atau proper harus dikembangkan serta tidak hanya menjadi tugas yang harus dikerjakan.

“Alhamdullilah luar biasa. Jangan sampai aksi perubahan menjadi tugas yang harus diselesaikan. Tapi pastikan proper untuk dikembangkan dan dilakukan dengan lebih baik kedepannya.”terang Bupati.

Ia menjelaskan jika kita terjebak oleh pekerjaan yang dilakukan secara rutin ditempat kerja masing-masing, biasanya pekerjaan yang dilakukan hanya mengikuti alur. Sehingga pegawai menjadi tidak kreatif.

“Saya minta seluruh peserta untuk terus mengasah kemampuan agar bisa memiliki kreativitas yang terus ada dan memiliki inovasi yang terus dikembangkan.”ungkapnya.

Ia menginginkan kompetisi di Kabupaten Sragen dibangun dengan seobjektif mungkin. Saat ini regenerasi terhenti pada saat remunerasi penerimaan ASN. Sehingga untuk menempatkan the right man on the right place pada saat pengisiian untuk setingkat jabatan Eselon II/ Kepala OPD menjadi sangat kesulitan karena pilihan yang sangat terbatas.

Sistem yang dibangun Pemerintah Kabupaten Sragen saat ini  adalah Open Bidding yaitu pengisian secara terbuka untuk mengisi kekosongan jabatan. Untuk itu Ia meminta semuanya segera mempersiapkan diri.

Sementara perwakilan BPSDM Provinsi Jawa Tengah Andi Arif Syafei dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah selesai dan dinyatakan lulus semua dan telah mengikuti proses pembelajaran kurang lebih 3,5 bulan (105 hari).

“Komitmen dan semangat peserta merupakan cerminan integritas yang dimiliki. Sebagai bukti semua siap untuk terlibat langsung dan turut andil untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM).”kata Andi.

Seorang ASN maupun pimpinan saat ini dihadapkan pada tantangan yang tidak mudah. Yang pertama digital disruption yaitu dimana teknologi menjadi pengubah utama masa depan termasuk pelayanan publik.

Tantangan berikutya adalah membangun hubungan emosional dengan masyarakat, sehingga menjadi poin penting untuk mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari masyarakat terhadap hasil kerja sebagai pelayan publik.  

Tantangan terakhir adalah respon kita terhadap tuntutan publik yang harus cepat. Untuk itu tingkatkan kualitas pelayanan dan berikan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan kebutuhan dengan transparan, cepat, tepat, obyektif, efektif, efisien dan profesional.

“Kami mohon kepada seluruh alumni yang telah lulus pelatihan, inovasi-inovasi yang baru yang dihasilkan agar dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing. Sehingga dapat mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang semakin cepat. Serta tidak lupa menyelesaikan target jangka menegah dan jangka panjang.”tutupnya.

Selanjutnya rangkaian kegiatan PKA menghasilkan keputusan 30 peserta dinyatakan lulus dan 5 orang mendapatkan penghargaan terbaik yaitu dr. Kinik Darsono dari RSUD dr. Suratno Gemolong dengan predikat sangat memuaskan, Yunika Purwaningrum dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Tata Ruang predikat sangat memuaskan, Agus Tri Lastomo dari Bappeda Litbang predikat memuaskan, Muhammad Farid dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan predikat memuaskan dan Endang Widayanti dari Kecamatan Kedawung predikat memuaskan.  

 

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Penulis : Yuli_Diskominfo





Berita Terbaru

Top