Foto

dr. Kinik Darsono Bagikan Tips Sehat Berbuka Puasa


Miyos | 28 Maret 2024 | 23

SRAGEN - Direktur Utama RSUD dr. Soeratno Gemolong, dr. Kinik Darsono membagikan tips puasa agar tetap semangat dan sehat menjalani ibadah puasa hingga akhir di bulan Ramadan 2024.

Agar tetap optimal puasa dan beribadah lainnya, dr Kinik mengimbau konsumsi makanan murni atau real food yang dapat menunjang fisik menjadi fit dan prima.

"Saat berbuka, tak sedikit yang justru menjadikan makan sebagai ajang 'balas dendam' dan akhirnya membuat tubuh menjadi berat karena kekenyangan," terang dr. Kinik saat mengisi tausiyah acara Dhuha Berjamaah di Masjid Amal Bhakti Muslim, Girimargo, Miri, Kamis (28/3).

Acara Dhuha Berjamaah yang dihadiri Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Sekda, jajaran Asisten, OPD itu diikuti oleh ASN se-eks Kawedanan Gemolong.

Dalam kesempatannya, dr. Kinik menambahkan selain berlebihan makan, biasanya manusia mengkonsumsi untuk berbuka tidak sesuai kebutuhan tubuh bahkan mengakibatkan berdampak buruk.

Untuk itu, Ia menyarankan agar tetap mengkonsumsi makanan murni, selain buah dan sayur, bisa dengan kurma dan air kelapa. Dan menghindari makanan berlebihan yang mengandung gula, tepung, dan minyak goreng.

"Ramadan adalah bulan real food, bulan dimana kita memakan makanan yang asli, sayuran, buah-buahan. Bahkan kalau bisa dengan sedikit makan saja kita memohon kepada Allah minta dikuatkan untuk beribadah, karena ini poinnya," papar dr. Kinik.

Ia menjelaskan salah satu cara mendetoks tubuh yakni lewat puasa. Detoksifikasi tubuh dilakukan untuk membuang substansi beracun, membersihkan ginjal dan usus, karena dalam organ-organ inilah bahan kimia dan racun tinggal di dalam tubuh.

"Tubuh akan memberikan pertanda atau sinyal jika sudah menampung banyak 'limbah beracun'. Melalui puasa, tubuh akan mereset jenis-jenis cadangan makanan yang masuk dan sel-sel lama berganti dengan sel baru tubuh," pesannya.

 

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo




Berita Terbaru

Top