Foto

PAMERAN BONSAI DAN LOMBA K3 AWALI RANGKAIAN KEGIATAN HARI JADI KE-276 KAB SRAGEN


Mira | 11 Mei 2022 | 6

SRAGEN – Memasuki awal bulan Mei ASN dan Masyarakat Kabupaten Sragen sudah disibukkan dengan berbagai persiapan kegiatan dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Sragen yang ke-276. Salah satu rangkaian kegiatan tersebut diantaranya Gebyar Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang telah dimulai Selasa (10/5) hingga Kamis (19/5) mendatang di Alun-alun Sasono Langen Putro. Pameran yang terbuka untuk umum itu juga akan diselenggarakan kontes bonsai yang memperebutkan Piala Bupati Sragen.

“Peserta yang akan mengikuti pameran dan kontes ini berasal dari seluruh Indonesia karena ini skalanya nasional. Kapasitas daya tampung yang kami siapkan bisa mencapai 1000 bonsai. Tapi yang kita targetkan 500.”ujar Tugiyono SH selaku Ketua Panitia Pelaksana Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen.

Menurutnya Penilaian oleh tim juri dari PPBI (Pengurus Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) pada Kamis dan Jumat (12-13/5), setelahnya Pameran akan dibuka oleh Bupati Sragen dan terbuka untuk umum pada Sabtu (14/5) sampai kamis (19/5).

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Lomba K3 (Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban) yang pelaksanaanya akan dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba K3 pada Selasa (10/5) sampai (17/5). Lomba yang bertujuan untuk mewujudkan kota Sragen yang ASRI (Aman, Sehat, Rapi dan Indah) itu salah satunya adalah Lomba K3 Permukiman.

“Untuk Lomba K3 Permukiman tingkat kelurahan diambil satu wilayah kebayanan kampung/RW terbaik untuk mengikuti Lomba K3 tingkat kabupaten khususnya di wilayah perkotaan. Yang meliputi Sragen Tengah, Sragen Kulon, Sragen Wetan, Nglorog, Sine dan kelurahan Gemolong. Kemudian Lomba K3 tingkat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk tingkat Kabupaten saja dan tidak meliputi instansi vertikal.”terang Sungadi, SH selaku Tim Penilai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sragen.

Kepala Kelurahan Sragen Wetan Tetuko Andri Setyawan yang mewakili warga Kebayanan Widoro II/RW 13,14 dan 15 mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Lomba K3 tersebut. Ia dan warganya berharap kebersihan akan menjadi budaya di kampungnya. Tidak hanya pada saat mempersiapkan lomba K3 tetapi hal ini menjadi kesepakatan bersama dan akan terus menjadi kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat.

Tim Penilai yang dihadirkan terdiri dari berbagai dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Satpol-PP, Dinas PMD, dan Dinas Perkimtaru Kabupaten Sragen. Adapun kriteria penilaian lomba yaitu kesemarakan, kebersihan, keindahan dan ketersediaan ruang terbuka hijau serta ketertiban.

Selanjutnya lomba-lonba lain yang turut menyemarakkan kegiatan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen yaitu Lomba Masak Soto khas jawa untuk ASN dan Kepala Dinas kamis (12/5), Lomba Menembak Jumat-Minggu (13-15/5) , Lomba Mancing Sabtu (14/5), Lomba Burung Anggungan Minggu (15/5)dan Lomba Duet Menyanyi untuk Kepala SKPD Rabu (18/5).

Kemudian masih banyak kegiatan menarik lainnya seperti Pasar ekraf Sabtu-Minggu (14-15/5), Sragen Festival Kreatif Sabtu-Senin (14-16/5), Kemukus Bersholawat Kamis (19/5) dan Tour de Sragen Minggu (22/5). Pada Sabtu (28/5) sebagai Puncak acara Panitia akan mengadakan Karnaval Pembangunan dan Festival Musik yang menghadirkan Kangen Band.

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Editor   : Yuli_Diskominfo





Berita Terbaru

Top